STRUKTUR JABATAN PADA KAPAL 1

Struktur Organisasi di Kapal

789 View

Struktur Organisasi di Kapal – kekompakan dan kerjasama dalam team merupakan suatu hal yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan. Begitu pula di dalam kapal, untuk mencapai tujuan dalam melakukan pelayaran maka perlu adanya sebuah team untuk mempermudah dalam melakukan pelayaran sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, oleh karena itu di bentuklah sebuah struktur organisasi di kapal.

Nah kali ini admin akan membahas sebuah struktur organisasi di Kapal, kira-kira ada jabatan apa saja ya di dalam sebuah kapal hingga bisa sukses melakukan pelayaran. Yuk kita simak sobat!

Pengertian Organisasi

Organisasi merupakan sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur serta koordinasi tertentu dengan tujuan mencapai serangkaian tujuan tertentu.

Tujuan Struktur Organisasi di Kapal

Setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dengan adanya pembentukan organisasi tersebut, begitu pula dengan struktur organisasi di kapal. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari dibentuknya struktur organisasi di kapal :

  • Mengawaki kapal secara layak sesuai prosedur atau aturan
  • Memperlengkapi kapal dengan sempurna
  • Membuat kapal menjadi layak laut (seaworthy)
  • Bertanggung jawab atas keselalmatan pelayaran
  • Sebagai wadah untuk pengawasan dan kekuasaan
  • Meningkatkan kemandirian dan kemampuan dari sumber daya yang dimiliki

Struktur Organisasi di Kapal

STRUKTUR JABATAN PADA KAPAL 1

Struktur organisasi di Kapal terdiri dari seorang nahkoda selaku pimpinan umum di atas kapal dan anak buah kapal yang terdiri dari para perwira kapal dan non perwira atau bawahan (subordinate crew). Namun perlu sobat ketahui bahwasannya organisasi kapal tersebut bukanlah sebuah struktur yang baku, karena setiap kapal bisa saja memiliki struktur yang berbeda. Hal tersebut disesuaikan dengan jenis, fungsi,, dan kondisi pada kapal tersebut.

Jadi selain jabatan-jabatan yang disebutkan di atas masih banyak lagi jabatan di luar struktur organisasi di kapal selain jabatan Nahkoda.

Tugas crew di atas kapal

Setelah sobat mengetahui struktur organisasi di Kapal, sepertinya agak kurang ya kalau kita tidak selanjutnya admin akan menjelaskan terkait tugas dari crew di atas kapal. Berikut ini admin akan menguraikan terkait tugas-tugas crew di atas kapal, kira-kira apa saja ya tugas pokoknya yuk kita simak:

  1. Nahkoda (Master)

  • Sebagai pemimpin yang bertanggung jawab atas pengoperasian kapal
  • Bertanggung jawab atas keselamatan awak kapal, kapal, dan kargo
  • Memberikan instruksi di atas kapal
  • Menandatangani bill of lading untuk kargo
  • Menerapkan terkait hukum dan ketertiban di atas kapal

Selanjutnya ada beberapa departement di atas kapal di bawah nahkoda/master diantaranya yaitu, Deck Departement, Engine Departement, Catering/steward Departement yang masing-masing juga memiliki sub bagian-bagian di dalamnya, berikut beberapa diantaranya :

  1. Deck Departement

  • Mualim I (Chief Officer)

Chief Officer merupakan orang yang bertanggung jawab untuk memimpin sebuah kru kapal dalam menjalankan tugas dan fungsinya, termasuk dalam keadaan darurat apapun ini adalah tugas Mualim I untuk melapor ke nahkoda sebagaimana mestinya. Chief Officer merupakan jabatan tertinggi kedua setelah kapten atau nahkoda.

  • Mualim II (Second Officer)

Second Officer merupakan orang yang bertanggung jawab terkait alat navigasi kapal, perencanaan perjalanan, perlengkapan radio hingga kelengkapan medis di kapal.

  • Mualim III (Third Officer)

Third Officer merupakan orang yang bertugas untuk mengatur, memeriksa, dan memelihara semua alat keselamatan di kapal. Third officer juga termasuk yang menangani surat-surat Pelabuhan atas nama nahkoda.

  • Boatswain (Serang)

Boatswain atau yang biasa disebut dengan kepala kerja, kepala kelasi dan mandor kapal merupakan anak buah kapal (awak kapal selain perwira) paling senior dibagian geladak, dan bertanggung jawab atas komponen-komponen lambung kapal. Dalam keadaan tertentu apabila di butuhkan boatswain juga membantu proses pelaksanaan bongkar muat muatan.

  • Juru Mudi (Ab Seaman)

Jika dilihat secara umum, tugas serta tanggung jawab juru mudi (AB) di kapal hampir sama dengan tugas kelasi (OS). Namun perlu sobat ketahui, juru mudi juga mempunyai tugas pokok yaitu sebagai pemegang kendali kemudi kapal di bawah komando perwira jaga/nahkoda atau bisa juga ketika sedang ada pilot on board (POB).

  • Kelasi (Ordinary Seaman)

Kelasi merupakan awak kapal yang bertugas merawat kapal pengawas perikana bagian deck.

  • Cadet Deck (Apprentice Office)

Kadet di kapal merupakan taruna praktek, jadi mereka melaksanakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Mualim I sesuai dengan fungsinya yaitu nantinya menjadi calon perwira di bagian dek kapal.

  1. Engine Department

Engine department di kapal terdiri dari kepala kamar mesin (KKM), Masinis II (Second Engineer), Masinis III (Third Engineer), Masinis IV (Fourth Engineer), Mandor mesin (Foreman), Ahli Listrik (Electrician), Fitter, Juru Minyak (Oiler), Kelasi Mesin (Wiper), Cadet Mesin (Apprentice Engineer), Chief Steward (Kepala Bagian Perbekalan), Chief Steward (Kepala Bagian Perbekalan), Chief Cooker (Juru Masak)

Akhir Kata

Jadi bagaimana apakah sobat sudah ada bayangan terkait struktur organisasi di kapal? Perlu di garis bawahi juga ya sobat, bahwasanya struktur organisasi di kapal ini tidak bersifat baku. Hal ini berarti struktur organisasi di kapal bisa berbeda sesuai dengan jenis dan fungsi kapalnya ya sobat ?

Gallery for Struktur Organisasi di Kapal