KM Berkat Taloda

Serba-serbi KM Berkat Taloda yang Anda Harus Tahu!

66 View

KM Berkat Taloda adalah salah satu transportasi laut yang dikhususkan untuk melayani rute pelayaran Nusa Tenggara Timur – Maluku. Sebelum menggunakannya, ada baiknya anda menyimak pembahasan di bawah ini terlebih dahulu.

KM Berkat Taloda

Tentang KM Berkat Taloda

Aktifitasnya sudah kembali berjalan normal setelah sebelumnya sempat terhenti selama masa pandemic Covid-19.Dilihat dari bentuknya, kapal perintis yang dioperasikan pemerintah ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kapal tol laut.

Fungsi utamanya adalah sebagai kapal pendukung pelayaran perintis yang menghubungkan pulau atau Kawasan paling luar dari negara Indonesia, melalui pelabuhan yang ada di kota terdekatnya. Apa saja yang dimiliki kapal ini?

  1. Fasilitas

Memiliki kapasitas penumpang hingga 450 orang, kapal ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet dengan kondisi ala kadar, kantin hingga kamar yang dapat digunakan untuk beristirahat.

  1. Kecepatan dan Daya Tempuh

Meski ukurannya terbilang cukup besar, namun jangan ragukan kecepatan, daya tempuh dan stabilitasnya di perairan. Kapal ini memiliki kecepatan umum berkisar antara 5.2 Knot hingga 6.4 Knot.

  1. Ukuran Kapal

Jika rata-rata kapal memiliki ukuran yang berbeda antara panjang dan lebarnya, berbeda dengan kapal satu ini. Panjang dan lebar yang dimiliki kapal ini dibuat sama yaitu 24 meter.

Kapal ini melayani dua rute pelayaran, dimana ruter ke 1 adalah : Kupang – Kalabahi – Lirang – Ilwaki – Kisar – Leti – Moa – Tepa – Kroing – Saumlaki.

Sementara itu, rute ke 2 nya adalah : Saumlaki – Kroing – Tepa – Leti – Kisar – Ilwaki – Lirang – Kalabahi – Tenanu Kupang. Selain fakta diatas, ternyata memiliki beberapa kunikan yang tidak banyak orang tahu, diantaranya adalah :

  • Bukan hanya berfungsi sebagai kapal pengangkut manusia, kapal ini juga digunakan untuk pendistribusian bahan pokok ke pulau-pulau terluar Indonesia.
  • Dengan fungsi ganda yang dimilikinya, KM Berkat Taloda dinilai sangat membantu dalam perekonomian daerah luar Indonesia.
  • Rute pelayaran yang digunakan kapal ini ternyata melewati daerah-daerah yang sangat jarang dilalui oleh kapal laut.
  • Selain membantu dalam mobilitas perorangan dan distribusi bahan pangan kapal ini juga memberikan jasa angkut berbagai jenis kendaraan dari tempat keberangkatan menuju tempat tujuan.
Baca Juga  7 Perbedaan Kapal Laut Express dan Reguler Yang Wajib Diketahui

Sebenarnya, untuk kapal jenis ini tidak hanya ditempatkan di daerah terluar, namun beberapa daerah dengan mobilitas tinggi juga terdapat kapal sejenis. Hanya saja lebih difokuskan penggunaanya untuk daerah luar Indonesia, mengapa?

  • Kebutuhan jasa angkutan di Indonesia semakin meningkat termasuk jasa angkutan untuk di laut atau perairan.
  • Berjalan lurus dengan itu, mengingat kondisi geografis di Indonesia yang terbentuk dari banyak pulau dan dipisahkan oleh lautan yang luas, maka kehadiran kapal sejenis ini dapat sangat membantu mobilitas masyarakat.
  • Dalam upaya mewujudkan program konektivitas antar wilayah di Indonesia, kehadiran kapal jenis ini dinilai dapat sangat membantu.

Hal ini dibuktikan dengan adanya 96 trayek jasa angkutan laut perintis yang beroperasi sejak tahun 2016 dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya untuk mencukupi kebutuhan mobilitas masyarakat. (Baca Juga :Jadwal Kapal KM Berkat Taloda Desember )

Catatan yang Perlu Diingat Penumpang

Meski perjalanan menggunakan kapal bukan hal yang asing bagi sebagian orang, namun ada beberapa catatan yang mungkin bisa jadi tips selama perjalanan menggunakan kapal KM Berkat Taloda, diantaranya :

  • Anda bisa membawa makan dari luar untuk perbekalan selama perjalanan. Meski disediakan kantin, namun cara ini bisa sangat menghemat pengeluaran.
  • Pastikan segala bentuk administrasi selalu dibawa lengkap mulai dari kartu identitas hingga bukti tiket penumpang.

Nah, jadi itulah kurang lebih tentang beberapa review dari kapal KM Berkat Taloda. Beberapa detail tentang KM Berkat Taloda yang perlu kamu ketahui seperti bahasan di atas.