KM Cantika Lestari 77

Review Kapal KM Cantika Lestari 77

74 View

Indonesia terkenal dengan negara maritim dengan luas perairan yang lebih besar dibanding daratan. Tak heran jika kapal-kapal di tanah air dibuat dengan banyak jenis, termasuk kapal feri KM Cantika Lestari 77. Kapal penumpang dengan bendera Indonesia ini bisa menampung banyak penumpang untuk perjalanan antar pulau.

Kapal ini pertama kali dibuat PT Marina Ilmi, Bitung Sulawesi Utara tahun 2014 dengan konstruksi baja di galangan kapal. Kapal feri ini dioperasikan PT Pelayaran Dharma Indah, Ambon yang memiliki panjang keseluruhan 64,65 meter dan panjang 59,54 meter serta lebar keseluruhan 9,20 meter dan dalam 2,90 meter, sarat sebesar 2,50 meter.

KM Cantika Lestari 77 ini bisa mengangkut penumpang sebanyak 374 orang dengan jumlah awak kapal 16 orang termasuk Nakhoda. Terdapat 3 geladak yang dipakai sebagai ruang akomodasi. Ketiganya terbagi menjadi geladak utama, geladak dua, dan geladak tiga. Tepat di geladak utama terdapat sebuah ruang akomodasi penumpang dengan tempat tidur 192 unit dan ruang dapur serta ruang kontrol mesin. (Baca Juga : Kapal KM Meratus, Kapal Keren yang Perlu Dicoba)

Sementara pada lambung kapal geladak utama kiri dan kanan terpasang tingkap sisi yang bermanfaat untuk penerangan alam serta ventilasi. Geladak kedua merupakan ruang akomodasi penumpang dengan 268 unit tempat tidur. Sedangkan geladak ketiganya merupakan anjungan yang berada di haluan dan ruang akomodasi perwira kapal.

Geladak ini juga memuat cafeteria dan liferaft serta rescue boat. Kapal ini memiliki kamar mesin yang letaknya berada di bagian buritan, dimana kamar mesin berjumlah dua unit mesin induk, dua unit mesin bantu, dan generator listrik serta satu unit generator pelabuhan. Agar bisa sampai ke ruang kamar mesin ini harus melalui pintu kedap air yang terdapat di tengah sekat belakang kamar mesin.

Baca Juga  Kapal KM Meratus, Kapal Keren yang Perlu Dicoba

KM Cantika Lestari 77

Sistem Propulsi dan Kemudi KM Cantika Lestari 77

KM Cantika 77 ini digerakkan dengan dua unit motor diesel yang dilengkapi gigi reduksi untuk memutar unit baling-baling masing-masing. Sedangkan pada putaran mesin kapal bisa berlayar dengan kecepatan 17 knot.

Daya kelistrikan kapal ini dihasilkan dari dua set generator listrik dengan spesifikasi mesin bantu diesel merek LOVOL, tipe 1006TG2A14 dengan daya 1238 HP. Generator listrik ini menghasilkan daya 89 kW, 400 volt (AC). KM. Penggerak kapal feri ini dilakukan secara hidrolik yang dikontrol dari anjungan kapal. Kemudi berfungsi menentukan arah gerak kapal, baik lurus dan berbelok.

Peralatan Navigasi dan Komunikasi

Kapal feri ini sudah memasang rangkaian peralatan navigasi dan komunikasi yang terdiri dari magnetic compass, radio Very High Frequency (VHF), peta laut, GPS Receiver,

Radar, dan two way radio. Peralatan yang terdapat pada kapal feri ini diantaranya:

  1. Peralatan Pemadam Kebakaran

Kapal ini telah dilengkapi perlengkapan kebakaran berupa satu pompa pemadam kebakaran yang berada di kamar mesin, pompa pemadam kebakaran darurat yang diletakkan di kamar mesin, dua hidran dan selang nozzle ukuran 64 mm di kamar mesin dan geladak utama, lima tabung pemadam kebakaran ringan jenis powder di ruang akomodasi geladak utama, geladak

  1. Perlengkapan Keselamatan

Kapal KM Cantika 77 ini dilengkapi perlengkapan keselamatan berupa delapan liferaft dengan kapasitas 490 orang di geladak 3, satu rescue boat di geladak 3, 16 unit pelampung penolong dan dua pelampung penolong dengan 30m buoyant line di geladak utama, 475 jaket penolong dewasa dan 150 jaket penolong anak-anak di ruang akomodasi.

Baca Juga  Jadwal MV Pacific Ferry, Fasilitas Dan Rute Terbaru

Itulah penjelasan lengkap mengenai review kapal KM Cantika Lestari 77 yang memiliki spesifikasi cukup lengkap. Bagi Anda yang belum pernah menaiki kapal feri, sebaiknya pahami dulu fasilitas dan ada bagian apa saja di dalamnya.