Ferry KMP Sirung

Jadwal Ferry KMP Sirung, Fasilitas dan Rute

438 View

Ferry KMP Sirung | KMP Sirung adalah sebuah kapal penyebrangan yang melayani rute Kupang-Ende. Kapal ini merupakan kapal milik pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dibuat dengan menggunakan alokasi anggaran 2 tahun, yaitu anggaran APBD Provinsi NTT tahun 2011 dan APBD NTT tahun 2012.  

KMP Sirung mempunyai bobot 750 GT, dengan panjang badan utama 56 meter, lebar badan kapal 14 meter, serta dengan tinggi 3,8 meter. Kapal penyebrangan Kupang-Ende ini mampu melaju pada kecepatan maksimal 12 knot.

Kapal KMP Sirung memiliki kapasitas tampung sebanyak 196 orang, yang terdiri dari 40 orang penumpang dengan fasilitas tidur di kelas eksekutif, 60 orang penumpang dengan fasilitas duduk menggunakan bahan fiberglass dan busa di kelas ekonomi, serta 96 orang penumpang dengan fasilitas tidur di kelas ekonomi.

KMP Sirung juga mampu membawa berbagai jenis kendaraan selain penumpangnya, yaitu 15 unit mobil truk dengan muatan maksimal 8 ton, dan juga 10 buah mobil pribadi jenis sedan.

Pada bagian buritan dan juga haluan kapal ini dilengkapi dengan jalur masuk dan keluar sebagai pintu utama penumpang, yang menjadi titik utama keluar masuknya penumpang dan juga muatan lainnya seperti kendaraan mobil.

Desain kapal ini tergolong cukup bagus yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu bagian lambung tunggal yang di dalamnya terbagi ke dalam beberapa ruangan, yaitu bagian ruang geladak utama yang menjadi ruangan khusus kendaraan dan juga penumpang tatami, bagian ruang geladak antara yang menjadi ruangan bagi para penumpang kelas ekonomi dengan fasilitas duduk, serta ruangan geladak penumpang bagi para penumpang kelas eksekutif dengan fasilitas duduk dan juga sebagai ruang akomodasi. (Baca Juga : Jadwal MV Pacific Ferry, Fasilitas Dan Rute Terbaru)

Fasilitas Ferry KMP Sirung

Ferry KMP Sirung

Pada bagian atasnya, terdapat geladak khusus untuk ruangan navigasi yang menjadi ruangan khusus untuk para staff dan awak kapal.

Dari segi mesinnya, kapal Ferry KMP Sirung bergerak dengan dorongan dari 2 buah mesin utama yang masing-masing menggerakkan sebuah baling-baling. Pada bagian belakang dari kedua baling-baling penggerak kapal tersebut dipasangi satu buah kemudi gantung.

Baling-baling penggerak Kapal Ferry KMP Sirung ini berputar kearah luar dan juga berputar berlawanan arah. Dari segi bahan pembuatan badannya, kapal ini dibuat dengan bahan baja khusus yang umumnya digunakan dalam pembuatan kapal penyebrangan.

Kesemua bahan baja tersebut direkatkan dengan menggunakan metode las penuh pada semua bagian-bagiannya.

Jika anda ingin bepergian dengan rute kupang-ende dan menggunakan KMP Sirung, maka anda bisa membeli tiket kapalnya di lokasi pelabuhan Bolok Kupang, dengan waktu maksimal pembelian adalah 2 jam sebelum jadwal pemberangkatan.

Pengelolaan kapal KMP Sirung ditangani oleh sebuah perusahaan yang bernama PD Flobamor, yaitu sebuah perusahaan milik pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagai provinsi dengan bentuk kepulauan, kehadiran KMP sirung disambut dengan baik oleh msayarakat setempat.

Kapal KMP Sirung melayani dua rute pulang pergi dari Kupang menuju Ende dan juga sebaliknya.

Selain kapal KMP Sirung, terdapat juga beberapa kapal lainnya dengan rute yang lain yang bisa anda gunakan di daerah ini, misalnya yaitu jika anda ingin bepergian dengan rute kupang ke Aimere, Kupang-Sabu, Kupang-rote, dan lain-lain, maka anda bisa menggunakan Kapal Ferry ASDP yang dikelola oleh PT ASDP.

PT ASDP adalah BUMN yang secara khusus bergerak dalam penyediaan jasa transportasi penyebrangan di berbagai wilayah perairan di Indonesia.  Selain Kapal ferry ASDP, ada juga kapal KMP Garda Maritim dengan pelayanan untuk dua rute pelayaran, yaitu Rote-Kupang dan juga kupang-larantuka.

Baca Juga  Berbagai Hal Seputar Kapal KM Permata Bunda