KM Sabuk Nusantara 88

Informasi Lengkap Tentang Kapal KM Sabuk Nusantara 88

135 View

Sejak diresmikan pada tahun 2015, Tol Laut yang pengelolaannya berada di bawah BUMN terus mengalami kemajuan diberbagai aspek. Salah satu kapal perintis, Kapal KM Sabuk Nusantara 88 hadir untuk memajukan Tol Laut.

Kupas Tuntas Kapal KM Sabuk Nusantara 88

Merupakan kapal perintis yang bertugas melayani mobilitas masyarakat di daerah Kepulauan Timur Indonesia. Rute yang dilalui kapal ini adalah Maluku Utara hingga Sulawesi Utara.

Pembangunannya merupakan hasil Kerja sama antara Kementerian perhubungan dan PT Dok Perkapalan serta Kodja Bahari dan PT Krakatau Shipyard yang diakui sebagai kapal hasil karya anak bangsa.

Kapal ini memiliki panjang 68.5 Meter, lebar 14 Meter dan tinggi 6,2 Meter dengan daya mesin sebesar 2x 1400 HP (Horse Power)

Dilengkapi dengan anak buah kapal sebanyak 36 orang, kapal ini mampu menampung penumpang hingga 472 dengan 26 orang penumpang class.

Saat ini, kapal Sabuk Nusantara 88 melayani rute Pelabuhan Sanana – Namlea – Sanana – Malbufa – Pasipa – Loseng – Bobong dan berakhir di Pelabuhan Bitung (PP). (Baca Juga : KM Kirana VII, Kapal Lombok Surabaya yang Banyak Diminati).

Sebelum melayani rute yang sekarang, kapal ini melayani penyebrangan dari Pelabuhan Kuala Mara di Kepulauan Riau ke Tanjung Pinang (PP).

Untuk fasilitas, kapal ini memiliki fasilitas memenuhi standar pelayaran yang dapat menambah kenyamanan penumpang selama berlayar, beberapa fasilitasnya ialah:

  • Memiliki standar keamanan yang memadai.
  • Tempat tidur penumpang yang disesuaikan dengan jenis tiket yang mereka beli, seperti tiket jenis kelas satu hingga kelas ekonomi.
  • Ruangan penumpang Kapal KM Sabuk Nusantara 88 dilengkapi dengan pendingin (AC).
  • Hingga terdapat kafe untuk bersantai atau mengisi perut selama perjalanan.
Baca Juga  Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah

Hadirnya kapal ini semakin menambah deretan trayek kapal barang dan penumpang yang bertugas di perairan luar Indonesia.

Mudahnya mobilitas masyarakat antar pulau ini juga mendorong peningkatan dalam bidang ekonomi daerah. Sehingga kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

KM Sabuk Nusantara 88

Meski kapal laut telah menjadi transportasi yang umum digunakan masyarakat, berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika bepergian dengan kapal laut, diantaranya ialah:

  1. Hindari Calo

Meski bisa diperoleh dengan mudah, bukan tidak mungkin tidak ada jebakan calo. Selain merugikan diri sendiri dengan segala konsekuensinya, membeli tiket di calo juga harganya jauh lebih mahal dari harga normalnya.

Disarankan untuk membeli tiket langsung di loket Pelabuhan akan terjamin keamanannya, atau jika tidak ingin repot anda bisa mencari alternatif pembelian melalui situs online.

  1. Perlengkapan Pribadi

Selain perlengkapan pribadi seperti pakaian dan makanan, obat-obatan juga penting untuk dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Akses yang terbatas dengan fasilitas terbatas di atas kapal selama berlayar membuat setiap penumpang harus membawa persiapan matang, termasuk obat.

Terutama jika anda memiliki penyakit yang obatnya tidak umum ditemukan. Membawanya adalah langkah antisipasi dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi di atas kapal

  1. Perhatikan Jadwal

Mobilitas kapal laut tidak secepat transportasi darat lainnya yang armada selanjutnya bisa ditunggu dalam hitungan menit.

Jadi, jika terlambat bukan tidak mungkin anda harus menunggu armada lain yang kedatangannya tidak dapat dipastikan.

  1. Cari Tempat yang Nyaman

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah mencari tempat yang nyaman. Ingat, perjalanan tidak dilalui dalam hitungan menit.

Maka tempat yang nyaman untuk anda tinggali selama di atas kapal adalah hal penting untuk dicari, karena disanalah anda akan menghabiskan waktu selama perjalanan.

Baca Juga  Cara Pesan Tiket Kapal Laut di Pelabuhan Terbaru

Selain hal di atas, informasi lengkap mengenai bisa anda temukan di situs resmi Kapal KM Sabuk Nusantara 88 yang bisa diakses kapan saja, dimana saja.