Perpanjangan Paspor Online

Cara Memperpanjang Paspor Online Dengan Mudah

99 View

Setelah sebelumnya kami membuat panduan tentang cara membuat paspor online, di kesempatan ini kami akan membuat panduan tentang cara memperpanjang paspor online. Perlu diketahui sejak tanggal 12 Oktober 2023 lalu, Direktorat Jenderal Imigrasi telah menetapkan masa berlaku paspor yang sebelumnya 5 Tahun menjadi 10 Tahun.

Dan bagi yang ingin memperpanjang masa paspor-nya kini sudah tidak perlu repot lagi, berkat adanya aplikasi M-Paspor yang bisa diakses via online.

Idealnya waktu terbaik untuk melakukannya adalah 6 Bulan sebelum paspor kadaluarsa, sehingga anda tidak akan terburu-buru. (Baca Juga : KM Kirana VII, Kapal Lombok Surabaya yang Banyak Diminati)

Untuk panduan cara memperpanjang paspor online simak uraian berikut ini:

Syarat Perpanjangan Paspor Online

Perpanjangan Paspor Online

Sebelumnya anda perlu menyiapkan beberapa persyaratan wajib seperti:

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Paspor sebelumnya/Lama
  • Akte Keluarga
  • Ijazah
  • Akte Kelahiran

Dokumen-dokumen yang telah disebutkan di atas harus dilengkapi terlebih dahulu, agar proses perpanjang paspor online bisa dilakukan. Jangan coba-coba memalsukan dokumen karena akan ditindak secara hukum.

Tutorial Memperpanjang Paspor Online

Unduh Aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi ” M-Paspor” yang dapat ditemukan di Playstore maupun AppStore. Tidak ada beban biaya dalam mengunduh aplikasi ini. Untuk ukurannya hanya 21 Sehingga tidak memakan Kuota

Lengkapi Data Diri

Jika sudah install Aplikasi M-Paspor silahkan lengkapi data diri yang diminta. Anda perlu menyiapkan beberapa berkas penting seperti Kartu Tanda Penduduk, Paspor Lama, Ijazah, Kartu Keluarga, dan Akta kelahiran.

Baca Juga  Harga Tiket Kapal Makassar Batulicin 2022

Pastikan data yang anda input sudah benar, karena jika terjadi kesalahan, aplikasi tidak akan memprosesnya.

Memilih Kantor Imigrasi

Tahap ketiga dalam cara memperpanjang paspor only adalah Memilih kantor imigrasi. Pilihannya terserah dengan kehendak pendaftar. Pergi ke kantor imigrasi perlu dilakukan agar petugas lebih gampang meneliti data pemilik paspor. Petugas akan memastikan kelengkapan dan orisinalitas data.

Sebaiknya anda memilih opsi Kantor Imigrasi terdekat dari tempat tinggal. Karena lebih gampang dijangkau dan tidak memakan banyak waktu.

Menentukan Tanggal Kedatangan

Langkah seterusnya setelah memilih tempat imigrasi adalah Menentukan Tanggal Kedatangan. Pastikan anda memilih tanggal/waktu yang bisa anda tepati untuk proses perpanjang Paspor Online. Selain itu, sampai sekarang kantor Imigrasi juga belum menyediakan pilihan ubah Tanggal kedatangan.

Perlu diketahui, setiap tanggal memiliki slot yang sudah dibatasi, oleh karena itu anda harus cepat-cepat melakukan reservasi, agar slot-nya tidak diambil oleh orang lain.

Simpan Barcode

Setelah menentukan tanggal kedatangan, anda akan diberikan Barcode yang perlu disimpan. Beritahukan barcode ini kepada petugas imigrasi sebagai bukti pendaftaran.

Datang Ke Kantor Imigrasi

Bawalah dokumen-dokumen yang diperlukan dalam memperpanjang Paspor Online dan bawa juga barcode-nya. Kemudian perlihatkan kepada petugas imigrasi. Mereka akan meneliti dokumen Tersebut.

Pengambilan Foto dan Wawancara

Anda akan diminta untuk pengambilan foto, wawancara dan pengambilan sidik jari. Biasanya proses pembuatan paspor akan memerlukan waktu 3 – 4 Hari.